Rabu, 05 Oktober 2011

Terjemahan Lagu Mother by Seamo

Bismillah... 
Tahu lagunya Mother dari seamo ndak?? Ihhh... Bagus banget. Bikin ceria kalo habis dengerinya. Pertama kenal nih lagu sih pas ada training di kampus. Trus ada video motivasi yang make background nih lagu. Langsung kepincut gue.. Hehe

Nah.. singkat cerita jadi pengen punya nih lagu. Pengen download. Tapiiii... download apaan coba?? Judulnya aja kagak tahu Liriknya apa lagiii... soalnya kalo gak salah nih lagu pake bahasa jepang. => (Dikit2 ngerti bahasa jepang. Cieee....). Makluuum pas SMA pernah dpt pelajaran bhs Jepang. Kalo cuma kenalan pake bhs Jepang sih insyaallah bisa. Tapi kalo disuruh yang cas cis cus ngomong pake jepang... Angkat tangan bae laah!.

Akhirnya aku tanya2 temen sekelas. Nisa, Dewi, Lina, Iren, Tika dkk. " Eh kalian tahu lagu yang nadanya gini gak?? Nananananananana......" => Gak bisa nyanyi. Gak tahu liriknya. Cuma nadanya, ingat banget!
"Opo sih mbok dhee (panggilan gue dikelas=> padahal masih imut2 gini... dipanggil mbokdhe!). Emang ada po lagu yang isinya nanananana doang???"

"Yo emang ra ana, pokoke nadane ngono kui. aku ra ngerti lirik ke. Ngerti ndak koe lagune?"
"Ra ngertiii... po maneh sih ana bau2ne korea jepang. Ra mudeng babar blas..."Jawabe Nisa.
Hiks... :') => Lalu aq tanya dewi... "Wik... Koe dong lagu iki gak.. Nanananananana"
"Oooo...ngerti2. wingi sing diputer neng SLK kae to.?"
"Iyo2.. Duwe koe? Ngerti judule gak?
"Ora ngertii.. Tapi cah Hima kayake duwe"
"Mintain dunk...Plisss"=>Dengan muka memelas.
"Ok2.. Santaiii...."
"Gue tunggu lho wik..."
=================================================
Then after kuliah... siangnya gue go to Lovely Sekret "Haska JMF".Mau ambil data rubrik buat buletin. Disana ada ikhwan yg lagi pake komputernya. Langsung gue usir...=> Piss akh....Sekalian Online, update status Fb sama Web Haska daaaan Nyari lagu yang tidak diketahui judul plus liriknya tadi.
Hmmm... Gak nemu2(ya iyalaaah....). Malah dapet What a Wonderful World. Lumayaaan... 

Tiba2 datang Mb Fida end Dek Febri. Lagi ngecek surat2 buat lomba essay qur'an. Aku mau ikut2an ngecek tapi kayake ndak bikin ribeet...Hehe.

Iseng2 aku tanya. "Mbak fid.. Tahu lagunya ini gak Nanananana..."
"Tahu.. Aq punya lagune kok. Judulnya Mother. punyae seamo"
"Waaaaaaaaaaa....mbaaaaaaaaak aku mintaaaaaa"==>Dengan histerisnya.
"iya2... boleh"===>Menjawab dengan anggunnya. Beda banget sama yg sebelumnya.
=====================================================
Finishly..Gue dapet nih lagu. Nah pas lagi kuliah di Lab kom. Mumpung dosen nya blm datang... Gue cari lirik nya plus terjemahan lagunya dalam bahasa Indonesia...
Daaaaaaan... Gue mewek habis baca Terjemahannya. Entah kenapa jadi ngebayangin Orang Tua dirumah. Kangeeeeeeeeeeen!!!! ===>Padahal lagi di Lab.

Oke Deh... Stop!! Intinya gue mau kalian ikut menikmati Terjemahan lagunya. Semoga bisa menginspirasi dan kita bisa menjadi anak2 yang bisa dibanggakan Orang Tua ++ Jadi anak yang Sholihah.Amiiin.
====================================================
Hi mam, Ibuku sayang.., Apa yang sedang kamu lakukan?
Maaf, akhir-akhir  ini aku tidak menghubungimu..
Aku ingin beri tahu, kalau kini aku sudah sukses…”

Tubuh mu kecil dan begitu juga tangan mu
rambut putih dicampur
hitam yang sudah tumbuh lebih lama
Tapi bagiku kau masih lebih besar dari apa pun, lebih kuat dari siapa pun
Aku ingin bilang
kepada  anak-anak ku tentang cinta ini “cinta yang mendukung  ku”

Meskipun aku tumbuh dengan tidak sabar  ketika aku dekat mu…
Ketika engkau jauh dari ku, aku merasa kesepian
Itu yang
engkau lakukan untuk ku,
Engkau dapat menyelesaikan masalah  dengan menyelesaikannya
Dan
engkau pemilik kesabaran yang luar biasa dan engkau adalah orang tertangguh yang aku kenal
Engkau akan selalu prihatin terhadap kesejahteraan ku sebelum dirimu sendiri
 
Memasak, mencuci pakaian, membersihkan, membesarkan anak
Engkau bahkan bekerja selama waktu senggang
Engkau hanya akan membutuhkan hal-hal dari tempat terendah
Aku tidak mengerti meskipun saat itu begitu jelas
Barulah aku mulai hidup seorang diri
dan kini aku mengerti
Setiap kali
aku memikirkan berapa banyak yang telah engkau capai
Dan betapa sulitnya pasti, aku merasa seperti aku bisa mencoba melakukan sesuatu yg terbaik hari ini
 
Aku akan mengatakan, "Bangunkan aku jam empat pagi"
Dan
engkau akan membangunkan aku tepat pada waktunya
Dan aku akan bersikap adil kepada mu…
Aku tidak akan berkata apa”, meskipun aku masih setengah tertidur  
Ini adalah rutin harian
Tapi, Engkau tidak pernah melihatkan wajah lelahmu di hadapanku
Dan
itulah yang membuat ku terbangun setiap hari
Lebih hangat dan lebih akurat daripada jam alarm


Tapi kemudian suatu hari aku bolos sekolah dan berkata, "Aku tidak mau pergi"
Aku tidak akan meninggalkan kasur
ku dan engkau berdiri di depanku
Engkau pergi untuk Menyembunyikan wajahmu dan menutup wajahmu dengan kedua tanganmu dan engkau  menangis keras
Akupun merasa sangat sedih dan menangis
Pada waktu itu aku
sangat menyesal dan aku bertanya-tanya , "Bagaimana mungkin aku bisa begitu bodoh?"

Tubuh kecil dan begitu juga tangan mu
rambut putih dicampur
hitam dan engkau sudah tumbuh lebih lama
Tapi bagiku kau masih lebih besar dari apa pun, lebih kuat dari siapa pun
Aku
ucapkan terima kasih untuk cintamu selama ini “cinta yang mendukung ku,
ibu ku….

Aku tau tidak ada lebih menyakitkan di dunia
Dari orang tua yang mengubur anak mereka
Jadi aku akan memastikan itu tidak pernah
akan  terjadi
Bahkan jika
aku hanya tinggal satu detik lebih lama dari mu
Aku akan memastikan itu ...

Aku senang  karena aku adalah  anak mu
Aku senang
karena  kau adalah ibuku
yang
tak akan pernah berubah
Dan Itu tidak akan pernah berubah untuk  selamanya
Karena aku adalah sesuatu yg sangat berharga bagi mu ...

Tubuh mu kecil dan begitu juga tangan mu
rambut putih dicampur
hitam dan engkau sudah tumbuh lebih lama
Tapi bagiku kau masih lebih besar dari apa pun, lebih kuat dari siapa pun
Aku ingin bilang
kpd  anak-anak ku tentang cinta ini “cinta yang mendukung  ku”

"Jadilah ibu ku untuk selamanya
Engkau masih memiliki satu pekerjaan yang tersisa untuk melakukannya
Dan itu
adalah  untuk menerima cinta dan penghormatan dr anak mu..."


*meskipun mungkin ada kata-kata yang tidak sesuai (rancu)
 Tapi,, salut kepada sang pencipta lagu ini...
dia menciptakan lagu yang sangat penuh makna ,,
Semoga Bermanfaat.*

Selasa, 12 Juli 2011

Pendidikan Karakter UNY

A.    Latar Belakang
Paradigma kapitalisme dalam dunia pendidikan pada akhirnya melahirkan kebijakan dari pemerintah yang lebih menguntungkan pemegang-pemegang modal didalamnya. Generasi-generasi muda bangsa yang kian hari semakin terjebak dalam budaya hedonisme, konsumsi mereka dari food, fashion, film, sport, life style dll, membawa mereka pada ketumpulan mata hati mereka akan kondisi bangsa mereka sendiri. Hal tersebut berdampak pula pada moral bangsa yangsemakin hancur dengan berbagai bentuk penyimpangan.
Itulah produk pendidikan dari kapitalisme

B.     Pendidikan Karakter
Wacana pendidikan karakter muncul dilatarbelakangi oleh keprihatinan berbagai pihak ( termasuk UNY ) karena melihat kondisi pendidikan Indonesia yang semakin lama tidak memiliki identitasnya lagi. Pendidikan karakter menjadi sebuah solusi atas buruknya hasil pendidikan Indonesia yang hingga saat ini masih condong memihak pada kapitalisme. Tapi sampai saat ini nampaknya belum begitu terasa karena baru dalam tataran teori bukan pengamalan di lapangan.

C.     Karakter
Secara harfiah karakter artinya kualitas mental, atau moral kekuatan moral, nama atau reputasi (Hornby dan Parnwell, 1972:49)
Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Di dalam kamus Psikologi dinyatakan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang; biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat yang relative tetap (Dali Gulo, 1982:29)
Menurut Ainain yang dikutip oleh  Marzuki dalam buku Pendidikan profetik Revolusi Manusia Abad XXI akhlak ibarat kelakuan manusia yang membedakan baik dan buruk , lalu disenangi dan dipilih yang baik untuk dipratikkan dalam perbuatan, sedang yang buruk dibenci dan dihilangkan.
Dari beberapa pengertian tersebut dapat dinyatakan bahwa karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral, akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang membedakan dengan individu lain. Seseorang dapat dikatakan berkarakter jika telah berhasil menyerap nilai dan keyakinan yang dikehendaki masyarakat serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam hidupnya.
 D. Pendidikan Karakter UNY
UNY sebagai kampus pendidikan bertekat menjadikan kampus ini sebagai sentrum penelitian tentang pendidikan karakter di Indonesia. Dengan mengangkat 3 pilar utama, yaitu Bernurani, Cendekia, dan Mandiri
a.       Bernurani
Transendensi diri adalah suatu respons yang efektif terhadap hasrat dari roh manusia terhadap makna, kebenaran, nilai, dan cinta. Namun hasrat untuk transendensi diri ini terbentur oleh unsur tidak sadar (unconscious) dalam diri manusia. Itu artinya ada unsur tidak sadar (unconscious) dapat memengaruhi kapasitas kita untuk menginternalisasikan nilai (value) dan sikap (atitude).
Pendidikan bukan hanya soal kemampuan untuk menguasai informasi, teknologi, melainkan suatu kemampuan untuk menginternalisasikan nilai dalam kehidupan. Proses penginternalisasian nilai ini perlu menyentuh unsur-unsur tidak sadar (unconscious) dalam tiap pribadi sehingga ia mampu secara bebas untuk memilih dan bertanggung jawab atas pilihannya serta untuk mengenal distorsi-distorsi kesadarannya.

b.      Mandiri
Kesadaran akan peran, posisi, fungsi dan sifat diri seorang individu di hadapan masyarakat menjadi penting, tatkala masyarakat sebagai sebuah sistem tidak lagi mengakui atau memberi kebebasan pada individu untuk memilih tindakannya sendiri yang berbeda atau menyimpang dari sistem sosial yang saat itu berlaku. Maka solusinya adalah kemandirian dalam diri seseorang. Jika kita melihat dalam konteks pendidikan, maka diharapkan pendidikan dapat mencetak sarjana-sarjana yang nantinya bisa mandiri, artinya tidak tergantung kepada lapangan pekerjaan yang ada, akan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan. Dalam menjalani hidup juga dapat berpegang teguh pada prinsip yang baik. Kerena telah kita ketahui, ketidakmandirian sarjana-sarjana dalam hal prinsip hidup membawa dampak yang buruk bagi dirinya pribadi dan orang lain. Mereka terjebak pada lingkaran-lingkaran pembatas diri seperti hedonis, apatis, konvensional. egois, dll. Sarjana yang dihasilkanpun hanya mereka yang menghalalkan segala cara untuk lulus dari bangku kulia, menghalalkan segala cara untuk memperoleh pekerjaan, serta menghalalkan segala cara untuk menimbun kekayaan di atas penderitaan sebagian besbr masyaraktnya. Maka dari itu itu, perlu adanya usaha yang kuat agar seseorang terbebas dari lingkaran-lingkaran pembatas tadi. Usaha untuk melakukan pembebasan ini disebut Liberasi. Pendidikan untuk liberasi bermakna pendidikan yang membebaskan seorang individu dari sistem sosial yang berlaku dan memaksa atas dirinya, sehingga idividu itu dapat lebih maju dan mandiri secara kehendak dan kesempatan. Perubahan tersebut diharapkan menggeser model pendidikan ke arah yang lebih humanis dan bebas. Humanis dalam artian sebagaimana seharusnya seorang individu manusia diperlakukan dalam proses pendidikan, dan bebas dalam artian individu boleh menghendaki untuk memilih dengan model seperti apa ia ingin dididik.
Jadi, pendidikan itu bukan tanpa tujuan, melainkan justru harus sadar ke mana peserta didik mereka akan diarahkan.

c.       Cendekia
Mencetak insan yang cendekia, paham akan ilmunya, dan dapat berguna bagi masyarakat merupakan cita-cita yang mulia dari kampus ini.
Proses pembelajaran, hendaknya melihat manusia sebagai manusia seutuhnya. Artinya, ada upaya memanusiakan manusia (humanisasi). Humanisasi senantiasa berimplikasi pada proses kependidikan dengan orientasi pengembangan aspek-aspek kemanusiaan manusia, yakni aspek fisik-biologis dan ruhaniah-psikologis. Aspek rohaniah-psikologis inilah yang coba didewasakan dan di-insan kamil-kan melalui pendidikan sebagai elemen yang berpotensi positif dalam pembangunan kehidupan yang berkeadaban.

Jumat, 08 Juli 2011

Aplikasi Matematika Dalam Ilmu Komputer

Peranan Matematika dalam Perkembangan Teknologi Informatika dan Komunikasi
Sifat manusia yang selalu tidak merasa puas mendorong mereka untuk terus mendapatkan sesuatu yang terbaik, salah satunya di bidang teknologi. Hal tersebut menuntut kita untuk lebih mengembangkan apa yang ada di sekitar kita, termasuk mengembangkan teknologi. Di era globalisasi ini hampir semua aktivitas manusia tidak lepas dari penggunaan teknologi. Selain karena alasan lebih praktis, efisiensi waktu juga menjadi alasan penggunaan teknologi dalam aktivitas manusia. Hal tersebut mendorong manusia untuk berpikir kritis untuk melengkapi seluruh kebutuhannya.
Matematika dikenal sebagai ilmu dasar. Pembelajaran matematika akan melatih kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan sistematis. Tetapi peran matematika tidak hanya sebatas hal tersebut. Perkembangan bidang ilmu lain, seperti fisika, biologi, ekonomi ataupun berbagai bidang ilmu sosial, tidak terlepas dari peran matematika. Matematika juga sangat pantas disebut sebagai jembatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai contoh, kemajuan teknologi luar angkasa yang sangat pesat di jaman sekarang karena kemajuan bidang ilmu fisika. Tetapi kemajuan ilmu fisika itu sendiri tidak akan tercapai tanpa peran matematika dan perkembangan matematika itu sendiri.
Dalam perkembangan teknologi informatika, matematika memberikan sumbangsih tersendiri. Berbagai aplikasi dan program di komputer tidak lepas dari penerapan aplikasi matematika, diantaranya adalah operasi Aljabar Boolean, teori graf, matematika diskrit, logika simbolik, peluang dan statistika. Teknologi yang semakin berkembang ini menunjukkan perkembangan manusia dalam menerapkan aplikasi matematika dalam mengembangkan bidang lain.
Salah satu contohnya adalah penerapan matematika diskrit dalam pengembangan teknologi komputer. Matematika diskrit adalah nama lazim untuk lapangan matematika yang paling berguna di dalam ilmu komputer teoretis. Ini menyertakan teori komputabilitas, teori kompleksitas komputasional, dan teori informasi. Teori komputabilitas memeriksa batasan-batasan berbagai model teoretis komputer, termasuk model yang dikenal paling berdaya – Mesin turing. Teori kompleksitas adalah pengkajian traktabilitas oleh komputer; beberapa masalah, meski secara teoretis terselesaikan oleh komputer, tetapi cukup mahal menurut konteks waktu dan ruang, tidak dapat dikerjakan secara praktis, bahkan dengan cepatnya kemajuan perangkat keras komputer.
Contoh lainnya adalah dalam perkembangan memori. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka.
Selain itu matematika mengajarkan kita untuk berpikir kritis, bagaimana agar teknologi itu terus berkembang sejalan dengan berkembangnya ilmu matematika. Pengolahan angka-angka dalam matematika membentuk suatu rumus pemrograman yang digunakan dalam pengembangan ilmu komputer.
Teknik informatika dan matematika sangat erat hubungannya. Karena inti dasar teknik informatika adalah pembuatan software dan di dalam pembuatannya itu membutuhkan perhitungan dan logika yang pasti. Oleh karena itu, matematika sangat penting dalam rangka sebagai dasar dan pengembangan dalam majunya teknik informatika khususnya pembuatan software. Dalam pembuatan software tersebut menggunakan sistem bilangan biner dan kode bilangan. Semua disusun dengan urutan tertentu sehingga menghasilkan suatu software yang dapat diguanakan untuk mempermudah aktivitas kita. Disamping itu, untuk membuat suatu pemrograman di komputer, kita harus menggunakan algoritma. Algoritma itu sendiri adalah langkah sistematis yang mengikuti kaidah logika.
Perkembangan ilmu matematika itu sendiri sebenarnya memberi umpan balik pada perkembangan teknologi informatika. Perkembangan teknik informatika juga akan mempermudah pengolahan perhitungan matematika menjadi lebih sistematis.[http://nilawidhianti.wordpress.com/2009/12/02/3/]