Senin, 14 November 2011

Organisasiku: Kilas Balik Haska 2010



“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”
Jargon haska tahun 2010 yang telah menginspirasi  para kader dakwah kampus biru. Banyak hal yang telah dilalui bersama. Suka dan duka, pahit dan manis perjalanan selalu dijalani dengan rasa saling berbagi dan saling memberi semangat. Dengan tujuan yang sama yakni mengharap ridho dari Allah.
Dengan adanya mahaska 2010 tanggal 26-27 Desember , merupakan tanda bagi haska-ers 2010 untuk mulai hengkang dari ski-Fmipa tersebut. Hal ini bukan berarti tanggung jawab dakwah berhenti sampai disitu saja. Sebab adalah suatu kewajiban bagi seorang yang beriman untuk selalu mengajak teman yang lain menuju kebaikan. Selain itu dalam dakwah kita juga perlu re-generasi. Masih ada pejuang dakwah yang akan melanjutkan estafet perjalanan haska. Jadi kalian tidak perlu khawatir, sebab penerus kita kali ini merupakan orang-orang pilihan yang telah dikirim oleh allah untuk menegakkan ajaran islam di kampus tercinta kita. Lalu…Apasaja yang telah dilakukan haska-ers 2010 selama setahun kemarin? Agenda apa saja yang telah dilalui mereka? Ini dia, let’s cekidot…
Agar lebih mudah mere-view, kita kelompokkan kegiatannya perbidang/BSO/TIM. Yang pertama adalah dari PI(pengurus inti). PI beranggotakan Ulil Albab (Mas’ul I), Khoirotul Faizah(mas’us II), Anjar Riyadi(sekretaris I), Rina Kurniati(sekretaris II) dan Agmawarnida(bendahara umum). Kelima punggawa haska ini, merupakan motor penggerak haska yang telah mengkoordinir ski satu-satunya di FMIPA tersebut.
Tak kalah pentingnya dari PI yakni bidang KDI. Hah?? KDI bukanlah kontes musik yang diadakan salah satu stasiun televisi swasta, tapi KDI adalah bidang yang bertugas merekrut, membina dan mengkaryakan anggota yang terekrut dalam keterlibatan dakwah agar memiliki keterikatan nilai-nilai islam serta mampu menjadi ustadziatul alam, yakni KADERISASI. Agenda dahsyatpun telah terlaksana dengan adanya kesungguhan personil KDI. Yaitu, PILOT MIPA yang bertujuan meluncurkan orang terbaik MIPA, ORBIT yang berhasil memfolow up dengan forum kepemanduan tiap pekan,DDF(Dauroh Da’wah Fardiyah) dengan peserta pengurus haska dan calon pemandu OSPEK, Kerohanian OSPEK, SATELIT XII yang telah merekrut 140 kader, SATELIT XIIIP,DD I(Dauroh Da’awi I), Forum Islamic Lover(IL) dengan Rujak Party-nya, SYAWALAN IL, MABIT  IL, Diskusi Kepemimpinan Perempuan dan yang terakhir TRAINING MOTIVASI. Kegiatan ini semua tak lepas dari komitmen personilnya. Orang-orang pimpinan Rizal Ahmad tersebut adalah Mila, Mimah, Diah, Sandy, Hajid, Mita, Avi, Ima, Jehan dan Rina. Hmm, benar-benar pencetak generasi robbani…
Berikutnya adalah bidang yang mengembangkan potensi sumberdaya pengurus alias yang bertanggungjawab atas semua pengurus haska. Yakni bidang PSDP (Pengembangan Sumber Daya Pengurus).  Banyak upaya-upaya yang dilakukan PSDP untuk mengingkatkan kapasitas pengurus. Yang paling terkenal adalah adanya SPAGETI. Wah enak!! Bukan…SPAGETI yang ini bukan makanan, akan tetapi adalah SUPLEMENT PERIODIC HASKA GENERATION (hmm…nyingkatnya agak terlalu mekso sih). Kajian ini telah terlaksana selama lima kali. Selain itu, bidang yang beranggotakan M. Munawar(Kabid), Dian, Fery, Khaerul , Ikrom, Sanudin, Frida, Zakiya, Khilmi dan Tita ini telah mengadakan Kuliah Tahsin, Pendataan detail haska-ers 2010, Sms center Haska, Internet Tausiyah, dan tak ketinggalan pula agenda yang menjadi ajang rihlahnya Haska, HAFA(Haska Fresh Abiis). Wah kereen…
Di Haska juga ada bidang yang mengurusi teman-teman muslimah-only(yang ikhwan gak boleh ngiri!). Yakni bidang Kemuslimahan yang beranggotakan Yanarti(Kabid), Raisa, Tika, Uswatun, Dyah Ana, Dyah Tri, dan Windu. Agenda yang menjadi senjata utama adalah Kajian Rutin Kemuslimahan yang diadakan tiap hari Jum’at. Kegiatan yang biasa berlangsung di Mushola Al-Furqon ini telah terlaksana selama 14 kali. Selain itu di kemuslimahan ada Forum Silaturahmi Akhwat Haska, White Day’s With UKKI dengan tebar bunga dan Seminar Nasional Kemuslimahan, serta M2M(Message To Muslimah) yang bekerjasama dengan BSO LJ untuk memberikan motivasi, wacana dan isu-isu tentang muslimah. Masih ada lagi DMS(Dauroh Mar’ah Sholihah) dan Gemati(Gerakan Muslimah Menggugah Hati).
Bagaikan makhluk sosial, haska tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari yang lain. Untuk mengurusi adanya hubungan eksternal tersebut di haska ada PERKAM(Perhubungan Kampus). Bidang ini digawangi oleh Seftian(Kabid), Errischa, Nur Kholifah, Uswatun, Anang, Falah, Bagas, Ika dan Hasriyani. Realisasi Proker dari PERKAM antara lain KORMA berupa kunjungan ke ORMAWA), Kunjungan ke SKI-UKKI, Kunjungan ke Birokrasi MIPA, dan SIM-B yang merupakan stan informasi bagi mahasiswa baru. Temen-temen mantan maba masih ingat SIM-B tag????kebangetan deh klo sampai lupa…
Lain halnya dengan PERKAM, PU merupakan bidang di haska yang tugas utamanya melayani semua umat muslim di FMIPA. Kajian yang terkenal dari PU adalah Kalam FOR US (Kajian Islam For Young Scientist). Kajian yang bertujuan menambah pengetahuan islam kepada masyarakat FMIPA ini, telah terlaksana selama empat kali selama satu tahun kepengurusan PU. Selain kajian juga ada LAS(Lomba Anak Sholeh) yang merupakan salah satu agenda besar di haska. Melalui PU haska juga mengadakan Baksos di Maguwoharjo membantu pengungsi korban bencana erupsi merapi, Ramadhan kampus yang mengoptimalkan ibadah mahasiswa di bulan ramadhan, peningkatan fasilitas mushola, menyebarkan nilai-nilai islam melalui Tebar Pesona Islam, Konsultasi Agama bagi mahasiswa FMIPA, Perpustakaan Haska, serta Ketakmiran Dosen.
Beralih dari bidang, adalah BSO HSC (Haska Study Club) yang merupakan pusat akademik di haska. beberapa agenda yang berkaitan dengan intelektual mahasiswa telah dilaksanakan. Antara lain Kelompok Study, Bimbingan Belajar, Lomba Essay Qur’ani, English Arab Koko dan Jilbab Putih DAY, dan yang ditunggu-tunggu mahasiswa FMIPA ketika menjelang ujian yakni Bank Soal yang rata-rata terjual 25 eksemplar@prodi. Keberhasilan ini tak terlepas dari adanya kegigihan personil yang dipimpin Liedya sebagai direktur HSC. Anggota yang lain ada Arry, Annas, Hadriansyah, Teguh, Utami, Prita, Vina, dan Yastika. Hidup HSC!!!
Next, adalah BSO PK. Sebagai enterpreneur haska, PK memberikan laba yang cukup besar untuk haska. Usaha dan kerja keras melalui badan usaha berupa Mini Market, Catering, Kantin Ormawa, dan Bazar telah dilakukan oleh lima enterpreneur, Uma(Direktur), Nining, Septi, Tri, dan Karwiti. Selain itu untuk mencetak kader yang berjiwa pengusaha, PK mengadakan Pelatihan Enterpreneur. Ada yang bercita-cita jadi pengusaha???
Tak ingin ketinggalan, BSO yang satu ini suka banget manggung sambil nyanyi. Ada yang kenal TAKSI dan SPION??? Yap, inilah tempatnya anak haska berkreativitas. Tidak hanya untuk bersenang-senang, tapi kesenian untuk berdakwah. Hebat gak tuh? BSO yang beranggotakan para “sopir taksi” ini telah menjalankan berbagai agenda. Larut Nasyid dan Drama, Pelatihan Kaligrafi, Lomba for Pengurus Haska, Ramadhan di Fakultas, Rihlah, SMS Tausiyah, MIPA Creativity, dan Taksi in Action merupakan tempat berhentinya para sopir taksi 2010 kemarin. Para Driver canggih itu adalah Wiwid(Direktur), Septiana, Riska, Rifkie, Riza, Agus, dan Sabrina. Mau jadi sopir mahir?mari belajar mengemudi(nah…???)
Satu-satunya TIM yang ada di haska. Ialah JRMN (Jaringan Rohis Mipa Nasional).  TIM yang telah melaksanakan Seminar Sains Nasional ini bernggotakan Ilyas(Koordinator), Nurdin, Ami, Gia, Seto, Anggi, Yuli, Rizki dan Etik. Selain SSN yang telah terlaksana dengan tema “Pola Hidup Rasulullah SAW sebagai Acuan Pola Hidup Sehat”, JRMN juga ikut berkontribusi dalam Seminar Nasional JRMN wilayah IV. TIM ini bertugas mengelola restra JRMN di kampus UNY khususnya FMIPA. Media Pencintraan JRMN, Buletin JRMN, Info JRMN & Info Saintek, Database Muslim Scientist, Database alumni JRMN, dan Muskerwil JRMN Wilayah IV adalah amunisi yang telah dikeluarkan JRMN haska 2010.
Dan, yang terakhir adalah BSO yang telah berjasa menghadirkan tulisan ini ke hadapan temen-temen.Kalo taksi bisa berdakwah dengan keseniannya, maka BSO yang satu ini berdakwah dengan tulisan-tulisannya. Ida(Direktur), Nila, Asa, Desi, Aazzal, Zul, Wildan, dan Robby adalah personil yang beraksi didalamnya. Banyak produk yang telah dihasilkan. Yakni Buletin Iltizam yang terbit tiap dua bulan sekali, BenDing alias berita dinding, Kortel Iltizam berupa Koran Tempel, Mading Iltizam yang berada di depan mushola tercinta, TJI (Training Jurnalistik Islami) yang bekerja sama dengan UKKI, Training LayOut, Pengelolaan Web, Fb dan Email haska. Yang penasaran bisa dibuka diweb haska www.haska.co.nr. Lalu…Apakah nama BSO ini??Ada yang bisa nebak???hehe…LJ(laboratorium Jurnalistik) tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar