Rabu, 29 Juni 2011

Mengapa Berita Penting


Salah satu cara menyadarkan kita tentang pentingnya sesuatu adalah dengan menghilangkan sesuatu itu dari hidup kita. Kita akan menyadari betapa berharganya sesuatu itu jika kita tidak  memiliki sesuatu tersebut. Terlebih jika kita sebelumnya memiliki sesuatu itu, maka akan terasa kontras sekali perbedaanya. Yakni ketika kita punya sesuatu itu kita bisa merasakan manfaat, dan kehilangan manfaat dari sesuatu itu ketika kita tidak lagi memilikinya. Barulah kita mengerti pentingnya sesuatu itu bagi kita.
Sekedar mengingat-ingat sejarah. Indonesia merdeka karena perjuangan para pejuang bangsa. Dan jika kita lebih perjelas lagi, perjuangan kemerdekaan itu berawal ketika ada seorang mahasiswa Indonesia di Belanda mendengar berita bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu. Sehingga dengan adanya informasi itu, timbullah niat untuk memproklamasikan kemerdekaan. Hal ini tentu berbeda ketika mahasiswa Indonesia di Belanda itu tidak mendengar berita bahwa Jepang telah tunduk kepada sekutu. Kemungkinan Indonesia masih dijajah sampai sekarang pasti ada. Dapat kita analogikan Indonesia tidak akan merdeka 17 Agustus 1945 jika tidak ada seorang mahasiswa Indonesia di Belanda yang mendengar berita. Berita bahwa Jepang telah kalah.
Berbeda lagi dengan kisah dari Perancis. Begitu dahsyatnya kekuatan berita sehingga seorang pembesar perancis, Napoleon Bonaparte berkata” Saya lebih takut kepada seorang juru tulis, ketimbang 1000 prajurit lengkap dengan senjatanya”. Ada sebab kenapa Napoleon bisa  berkata demikian. Jika difikirkan, sangat tidak logis jika dibandingkan antara kekuatan 1000 prajurit dengan kekuatan seorang juru tulis. Lalu apakah yang bisa dilakukan oleh seorang juru tulis sehingga lebih ditakuti?. Tentu saja sesuatu yang dihasilkan olehnya. Secoret tulisan yang bisa menumbangkan seorang pemimpin besar kapanpun.
Lalu, kenapa berita itu penting?. Tentu saja karena dengan diketahuinya isi dari berita tersebut dapat menimbulkan efek yang luar biasa. Efek yang pasti membuat segala sesuatu menjadi mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar